Langsung ke konten utama

Teh Tubruk Tong Tji, Resep Tradisional yang Menjadi Gaya Hidup Kaum Urban

Bagi sebagian orang, teh telah menjadi minuman yang tak boleh dilewatkan untuk dinikmati. Tak hanya di pagi hari, teh selalu dicari baik di siang hari maupun di malam hari. Teh celup biasanya menjadi pilihan favorit karena praktis diseduh sendiri. Meskipun teh celup lebih banyak dipilih, namun teh tubruk tak pernah sepi penggemar. Bagi para penggemar berat minuman teh, teh tubruk dianggap lebih nikmat dan aromanya lebih memikat. Contohnya saja teh tubruk Tong Tji. 

Sejarah Teh Tubruk Tong Tji

Seperti nama brand-nya, PT. Tong Tji Tea Indonesia adalah perusahaan yang memproduksi teh tubruk Tong Tji. Awalnya, perusahaan ini bernama Perusahaan Teh Wangi Dua Burung. Namun sejak 2017, perusahaan tersebut mengubah namanya menjadi PT. Tong Tji Tea Indonesia. 

Penasaran dengan pemiliknya? Teh Tong Tji yang  tercatat mulai beroperasi sejak tahun 1938 ini adalah milik seorang keturunan Tionghoa bernama Tan See Giam. Wajahnya terpampang dalam beberapa produk teh tubruk Tong Tji. 

Tam See Giam meracik sendiri resep tradisional campuran teh dengan peralatan tradisional. Di tangannya, pengolahan teh berkembang pesat dari industri rumah tangga sederhana menjadi perusahaan produsen teh terbesar di Indonesia. 

Teh Tong Tji tak berhenti berinovasi. Di tangan generasi ketiganya, Tatang Budiono, perusahaan ini beralih dari metode produksi konvensional ke metode produksi yang mengandalkan teknologi terkini. Dengan metode produksi yang baru. di awal tahun 1990 perusahaan ini meluncurkan produk teh celup jasmine. 

Lantas di tahun 1998 perusahaan teh ini kembali meluncurkan produk baru yang kemudian menjadi produk best seller yakni Teh Melati Premium Tong Tji. Teh ini diracik hanya dari daun-daun teh berkualitas terbaik yang dipadukan dengan bunga melati. 

teh tubruk tong tji
sumber foto: unsplash.com

Resep Tradisional Teh Tubruk Tong Tji yang Menjadi Gaya Hidup Kaum Urban

Gaya hidup kaum urban yang sibuk bekerja sepanjang hari, lantas benar-benar ingin menikmati waktu untuk beristirahat di sore hari dan akhir pekan tampaknya telah membuat perusahaan teh Tong Tji melakukan inovasi menarik dalam hal pemasaran. Tak sekedar memasarkan produk mereka secara konvensional, teh Tong Tji membuka tea house dan tea bar di sejumlah kota di Indonesia. 

Memang bukan hal baru, tea house adalah konsep memasarkan teh dengan membuka sebuah gerai yang memungkinkan para penggemar teh datang dan menikmati sajian teh terbaik. Di tempat ini mereka bisa melihat cara meracik teh, menyajikan dan menikmatinya dengan benar. Biasanya di tea house tidak disajikan makanan sehingga para tamu benar-benar hanya menikmati teh secara istimewa. 

Tea House Tong Tji menawarkan pengalaman minum teh yang berbeda. Pada tamu yang datang bisa menikmati racikan teh tubruk Tong Tji dan menyatap pilihan-pilihan menu makanan yang spesial. Mulai dari cemilan tradisional mendoan ala Tong Tji, tahu walik, bakwan jagung hingga makanan berat seperti nasi goreng nusantara, rawon, ketoprak, nasi pecel dan sederet menu lainnya. 

Sedangkan di tea bar, para tamu secara khusus bisa menikmati sajian beragam racikan teh Tong Tji yang sedap. Mulai dari teh Tong Tji original sehingga teh Tong Tji kombinasi seperti jasmine tea macchiato, roasted honey milk tea, green tea macchiato dan menu-menu minuman sejenis lainnya. Berikut ini daftar lengkap Tea House Tong Tji dan Tea Bar Tong Tji di Indonesia. 

1. Tea House Tong Tji di Grage Mall, Cirebon, Jawa Barat

2. Tea House Tong Tji di Rita Mall, Tegal, Jawa Tengah

3. Tea House Tong Tji di Grage City Mall, Cirebon, Jawa Barat

4. Tea House Tong Tji di Rumah Sakit Harapan Anda, Tegal, Jawa Tengah

5. Tea House Tong Tji di Cirebon Super Block Mall, Cirebon, Jawa Barat

6. Tea House Tong Tji di Transmart Tegal, Tegal, Jawa Tengah

7. Tea House Tong Tji di Asia Toserba, Cirebon, Jawa Barat

8. Tea House Tong Tji at Cibinong City Mall, Bogor, Jawa Barat

9. Tea House Tong Tji di Lippo Plaza Kramat Jati, Kota Jakarta, DKI Jakarta

10. Tea House Tong Tji di Mall Bale Kota, Tangerang, Banten

11. Tea House Tong Tji Supermall Karawaci, Tangerang, Banten

12. Tea House Tong Tji di Tangcity Mall, Tangerang, Banten


Referensi: 
Tongtji.co.id
Skripsi Strategi Pemasaran Teh Tong Tji Dengan Konsep Tea Bar Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam, Lery Resdianingsih Utami, Jurusan Ekonomi Syari’ah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Purwokerto 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman Inseminasi di Klinik Infertilitas Permata Hati, Rumah Sakit Sarjito dan Biaya Inseminasi

Di bulan Desember ini, kami memutuskan untuk menjalani insem ke-2. Untuk persiapan inseminasi buatan ke-2 ini kami datang berkonsultasi dengan dr. Shofwal Widad pada hari kedua menjelang menstruasi. (Perhitungan kami tepat, karena sudah ada flek-flek menjelang mens.) Saat konsultasi ini, kami diberi skema apa saja yang perlu dilakukan. Saya diresepkan Dipthen untuk diminum 2x sehari mulai dari hari ketiga menstruasi sampai dengan hari ketujuh menstruasi. Dipthen ini harga sekitar Rp. 15.000 per butir. Untuk konsultasi dengan dokter di Permata Hati Rp. 115.000,- . Di hari konsultasi ini, saya dipesan untuk datang kembali pada hari ke-7 menstruasi. Pada hari ke-7 menstruasi, saya kembali ke Klinik Permata Hati. Saya diberi suntikan Gonal F untuk stimulasi sel telur. Suntikan yang pertama ini, saya disuntik oleh perawat. Tapi suntikan kedua dan ketiga harus suntik sendiri atau minta bantuan perawat. Saya memutuskan untuk disuntik oleh suami atau suntik sendiri. Oh ya, untuk s

Berapa Biaya Tes TORCH di Yogyakarta? Ini Pengalamanku, Tes TORCH di Tahun 2022!

Senin, 1 Agustus 2022 menjadi hari yang tak terlupakan.  Setelah persiapan di hari sebelumnya, sekitar jam 10 pagi saya masuk ke ruang operasi di rumah sakit Siloam, Yogyakarta untuk tindakan kuret atau kuretase. Tindakan ini terpaksa harus dilakukan untuk mengeluarkan kehamilan yang nggak sehat.  Takut?  Nggak terlalu sih, karena ini kali kedua mengalami keadaan yang nyaris sama.  Nyaris sama, tapi berbeda.  Kehamilan pertama di tahun 2019, janin berhenti berkembang di usia kehamilan sekitar 8 minggu. Saat itu saya nggak memilih kuret dan membiarkan keguguran terjadi secara alami. Ketika terjadi pendarahan, barulah saya pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.  Namun pada kehamilan kedua yang ternyata juga nggak berjalan normal, saya memilih untuk melakukan tindakan kuret. Soalnya, pengalaman keguguran yang pertama rupanya sangat membekas. Saya masih trauma membayangkan pendarahan dan perjalanan panjang ke rumah sakit.  Nah, setelah mengalami dua kali kehamilan yang nggak n

Persiapan Bayi Tabung, Sebuah Pengalaman Pribadi Berhasil Bayi Tabung

Selama program hamil, saya tergabung dalam grup khusus pasien-pasien sebuah klinik program hamil. Dari grup ini saya mendapat banyak sekali informasi berharga dan motivasi untuk terus memperbaiki pola hidup demi keberhasilan program bayi tabung . Nah, ada satu kisah tentang persiapan bayi tabung yang menginspirasi saya. Berikut akan saya bagikan kisah tersebut dengan menyamarkan nama asli pemilik kisah. Semoga bermanfaat! sumber foto: John Looy dari Unsplash.com Melangkah Tanpa Persiapan Bayi Tabung Sebut saja namanya Delima. Beliau sudah 2x menjalani program bayi tabung. Program pertama dilakukan tahun 2016, saat itu usianya 36 tahun. Kasus mereka ditandai sebagai unexplained infertility, sebab hasil tes Delima dan suami terlihat normal. Saat menjalani program yang pertama ini, Delima mengantongi hasil AMH 2.3. Ada beberapa polip di rahimnya dan sudah dibersihkan satu bulan sebelum program bayi tabung dimulai.  Pada program bayi tabung pertama ini, Delima menjalaninya tanpa persiapan