Cakupan Wilayah PAFI Tulang Bawang Barat

Tahukah kalian bahwa PAFI merupakan organisasi profesi tertua di Indonesia? PAFI atau singkatan dari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia adalah organisasi profesi yang penting bagi tenaga ahli farmasi profesi Asisten Apoteker atau AA di seluruh Indonesia. Istilah Asisten Apoteker ini kini disebut Tenaga Teknis Kefarmasian atau TTK. 

Nah, setiap daerah di Indonesia memiliki pengurus daerah PAFI, termasuk di Tulang Bawang Barat. Pengurus daerah PAFI ini berperan penting dalam pengembangan profesi kefarmasian di daerah tersebut.

pafi tulang bawang barat
source: freepik

Tugas PAFI di Tengah Masyarakat

PAFI pusat maupun PAFI daerah termasuk PAFI Tulang Bawang Barat memiliki komitmen yang mulia. Tak banyak orang tahu, PAFI berupaya meningkatkan kualitas layanan farmasi melalui berbagai kegiatan edukatif dan sosial. 

Adapun kegiatan edukatif dan sosial yang mereka lakukan meliputi pelatihan, workshop, dan kegiatan masyarakat lainnya. PAFI, termasuk PAFI Tulang Bawang Barat terus berupaya memperbarui pengetahuan anggotanya dan juga menjalin kerjasama yang kuat demi peningkatan kesehatan masyarakat.

Selain kegiatan edukatif dan sosial, PAFI juga meluncurkan layanan Halo PAFI. Halo PAFI merupakan layanan informasi dan solusi kefarmasian yang melayani pengaduan dan keluhan kefarmasian, pelayanan informasi obat. Tak hanya itu saja, Halo PAFI juga menyediakan informasi lowongan kerja kefarmasian serta info tenaga teknis kefarmasian. 

Dijelaskan pula adalam website resmi PAFI, bahwa ada empat tujuan utama PAFI yakni meningkatkan kesejahteraan anggotanya, mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi di Indonesia dan mewujudkan derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat

PAFI Tulang Bawang Barat

PAFI Tulang Bawang Barat memiliki cakupan tugas di wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Kabupaten yang beribukota di Panaragan terletak di Provinsi Lampung. Kabupaten ini berada di bagian utara Provinsi Lampung yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Selatan. Kabupaten Tulang Bawang Barat ini merupakan pecahan dari Kabupaten Tulang Bawang. 

Adapun Kabupaten Tulang Bawang Bawat ini memiliki 9 kecamatan, 3 kelurahan, dan 93 tiyuh (desa). Dilansir dari Wikipedia, jumlah penduduk kabupaten ini mencapai 287.707 jiwa dengan tingkat kepadatan 240/km2. 

Terkait kesehatan, stunting menjadi salah satu tantangan serius di Kabupaten Tulang Bawang Barat. Di tahun 2022, angka stunting di Kabupaten Tulang Bawang Barat sekitar 22%. Angka ini masih cukup tinggi dibandingkan dengan Provinsi Lampung sekitar 18%. Karena itu, pemerintah daerah melakukan segala upaya untuk menurunkan angka stunting ini. 

Nah, jika kalian berasal dari kalangan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK) dan ingin mengetahui lebih banyak tentang kegiatan PAFI Tulang Bawang Barat, cobalah untuk mengunjungi alamat website pafitulangbawangbarat

Semoga informasi ini bermanfaat ya!




Lebih lamaTerbaru

Posting Komentar