5 Langkah Belajar Jahit Tanpa Kursus Selama Pandemi

jarum jahit

Pic source: unsplash.com/@kellysikkema

Bingung cari kegiatan yang bermanfaat supaya betah di rumah aja? Belajar jahit bisa jadi pilihan yang tepat lho. Keterampilan jahit bisa dibilang keterampilan yang ga ada matinya. Setidaknya kalau bisa menjahit, kamu bisa perbaiki baju-baju yang robek, bikin kreasi yang sederhana atau bikin baju sendiri untuk sekedar dipakai di rumah. Masalahnya ga semua orang telaten belajar jahit. Kalau pun pengen kursus, biayanya ga murah. Nah, sebenarnya ada trik sederhana supaya cepat bisa jahit dan menumbuhkan minat menjahit. Coba praktekkan deh 5 langkah belajar jahit ini. 

1. Siapkan alat jahit

Pertama-tama siapkan dulu alat jahitnya. Kalau punya mesin jahit, pastikan mesin jahit bisa bekerja dengan baik. Soalnya kalau mesin jahitnya rewel, biasanya mood belajar jahit cepat hilang. Minta bantuan saudara atau teman yang ngerti soal mesin jahit untuk memastikan mesin jahit bekerja normal. 
Atau kalau ga punya mesin jahit, siapkan jarum jahit tangan. Menjahit ga harus pakai mesin jahit lho. Ga masalah pake jarum jahit tangan, asalkan telaten. Siapkan juga peralatan jahit pokok untuk pemula, seperti meteran atau penggaris, gunting kain, pendedel, benang dan jarum pentul. 

2. Pilih kain bermotif abstrak atau bunga-bunga

Kenapa harus kain bermotif yang dipilih? Kain bermotif abstrak atau bunga-bunga akan menyembunyikan jahitan atau potongan kain yang kurang rapi. Maklum, karena masih tahap belajar jadi kemungkinan jahitan ga rapi dan potongan yang kurang tepat sering terjadi. Nanti semakin tinggi jam terbang, yakinlah kesalahan-kesalahan ini akan terus berkurang. 
Jika memilih kain polos atau kain bermotif teratur, jahitan yang kurang rapi atau kesalahan potong akan terlihat sangat jelas. Lagi-lagi ini akan mematahkan semangat untuk belajar jahit. 

3. Cari pola yang sederhana

Mau bikin kreasi apa? Mulailah dari kreasi yang sederhana. Misalnya totebag atau blus simple. Ada banyak pola gratis yang tersedia. Untuk baju, pola baju yang sederhana tak membutuhkan rumus atau pengukuran yang rumit. Ini bisa jadi langkah awal untuk membuat kreasi sekaligus membangkitkan minat belajar jahit. 

Baca juga: Pola Baju Gratis, Pola Baju Sederhana untuk Pemula

4. Membuat pola sendiri tanpa harus menguasai rumus 

Jika menjahit Penasaran? Caranya sederhana sih. Pilih satu baju yang paling disuka dan ukurannya pas di badan. Sebaiknya piliha baju dengan model yang simple ya. Lalu bongkar baju itu dengan menggunakan pendedel. Wajib pakai pendedel ya supaya tak ada kain yang robek atau rusak. Jangan pakai cutter atau gunting karena akan beresiko meruksan kain secara tak sengaja. 

Kalau sudah dibongkar, jangan lupa tandai dengan kapur jahit. Misalnya, lengan kanan bagian depan, lengan kiri, dan seterusnya. Kemudian tempelkan hasil bongkaran baju tersebut di kertas koran. Buat polanya dengan meniru setiap bagian baju tersebut. Dengan cara ini, kamu sudah punya pola baju yang bisa dipakai untuk membuat baju lainnya. 

Jangan lupa, jahit kembali baju yang sudah dibongkar. Dengan cara ini, kamu sudah belajar menjahit tiap-tiap bagian baju. 

5. Satu jam sehari

Jika sudah berhasil membuat satu kreasi, biasanya semangat untuk belajar jahit meningkat. Tapi kalau masih males-malesan, paksakan diri setidaknya 1 jam sehari untuk berada di depan mesin jahit. Buatlah kreasi apa saja. Atau sekedar berlatih menjahit lurus dan rapi. 

Belajarlah menjahit perlahan-lahan. Saat membuat blus misalnya, tak perlu buru-buru menyelesaikan semua bagian dalam satu hari. Kerjakan sedikit demi sedikit, bagian per bagian. Jangan ragu untuk menggunakan pendedel dan mengulang jahitan dari awal. Percaya deh dalam waktu 1 minggu, kamu sudah bisa menjahit dan menghasilkan kreasi yang membanggakan!

Posting Komentar